Senin, 20 Mei 2013

The Sims


The Sims adalah permainan komputer simulasi strategik yang dibuat oleh desainer permainan Will Wright, dipublikasi oleh Maxis, dan didistribusikan oleh Electronic Arts. Permainan ini adalah simulasi aktivitas sehari-hari dalam rumahtangga. Pada tanggal 4 Februari 2000, permainan ini telah terjual sebanyak 16 juta kopi yang membuatnya sebagai permainan komputer dengan penjualan terbesar dalam sejarah.
The Sims berfokus pada kehidupan orang virtual yang disebut sebagai Sims. Pemain dapat mengontrol aktivitas keseharian Sims, seperti menyuruhnya tidur, makan, membaca, atau mandi. Will Wright, desainer game ini, menyebut The Sims sebagai permainan rumah-rumahan digital ("digital dollhouse").selain itu kita juga dapat membuat orang dengankarakter masing masing.

Minumum System Requirements
1. OS: Microsoft Windows XP SP2 / Windows Vista SP1 / Windows 7
2. Processor: Intel Pentium IV at 2.0 Ghz (XP) / Intel Pentium IV at 2.4 Ghz (Vista & 7)
3. Video Card: 128 MB – DirectX 9.0c compatible Video Card with support for Pixel Shader 2.0
4. Memory: 1 GB for Windows Xp / 1.5 GB for Windows Vista & Windows 7
5. Hard Disk: 2 GB of free hard disk space.
6. Direct X: 9.0c

The Sims 1
The Sims pertama kali muncul pada tanggal 4 februari 2000. Game ini merupakan salah satu game yang memiliki ekspansi yang banyak. Ekspansi-ekspansi The Sims antara lain:
1. The Sims: Livin’Large
2. The Sims: House Party
3. The Sims: Hot Date
4. The Sims: Vacation
5. The Sims: Unleashed
6. The Sims: Superstar
7. The Sims: Makin’ Magic 

Gambar 1. Logo The Sims 1
Grafik dari The Sims ini masihlah sangat sederhana dan tidak se-realistis The Sims 3. Gerakan dari sim ini masih terbilang kaku dan tidak terlalu mendetail. Namun para pecinta game ini pun tidak akan terganggu dengan masalah grafik karena game ini menyediakan fitur-fitur yang tidak kalah mengasyikkan. Game ini pun disebut juga sebagai digital doll house meskipun pemainnya berasal dari kalangan laki-laki maupun perempuan. Permainan The Sims ini mengkombinasi tehnik grafik 3D dan 2D. Permainan akan dimulai pada ‘Live Mode’. Pemain dapat masuk dalam ‘Build Mode’ atau ‘Buy Mode’ apabila ingin membeli barang atau merekonstruksi rumah yang ada. Ketika permainan dimulai, setiap keluarga akan memulai dengan § 20.000 Simoleons (terlepas dari jumlah anggota keluarga). Dana ini dapat digunakan untuk membeli sebuah rumah kecil atau tanah kosong pada layar ‘Neighborhood’. Setelah banyak yang dibeli, rumah dapat dibangun atau direnovasi dalam ‘Build Mode, dan pembelian atau memindahkan furnitur dalam ‘Buy Mode’.


Gambar 2. Cuplikan Permainan The Sims 1

The Sims 2
The Sims 2 adalah permainan lanjutan dari The Sims dengan grafik yang lebih realistis. Bentuk tubuh dari sim pun sudah mulai mendetail. The Sims 2 pun juga hadir untuk permainan di telepon genggam seperti pada merek Nokia yang menawarkan game ini pada Ovi Store. Tujuan utama dari permainan ini adalah untuk memainkan sim dari awal kehidupan sampai sim tersebut mati. Seorang Sim akan lahir ketika pemain memilih ‘try for a baby’ pada seorang sim laki-laki dan perempuan. Sang ibu akan menghabiskan 3 hari masa hamil sebelum melahirkan bayi. V Pemain dapat menamai Sim yang baru lahir. Bayi itu akan tumbuh menjadi balita dalam waktu 3 hari, dan 4 hari lagi untuk balita untuk berubah menjadi seorang anak. Setelah 8 hari, anak akan berubah menjadi remaja, dan akan hidup selama 15 hari sebelum berubah menjadi dewasa. Setelah 29 hari, Sim akan menjadi tua dan akan mati, panjang tahap akhir tergantung pada bar aspirasi ketika mereka tua. Ada beberapa interaksi sosial baru yang diperkenalkan dalam The Sims 2.
Interaksi sosial baru ini dapat menciptakan suatu memori dan dapat berhubungan dengan kelompok/kalangan usia tertentu. Interaksi sosial dapat muncul dalam panel ‘Wants’ dan ‘Fear’ dan dapat bergantung pada kepribadian Sim dan aspirasi. Sims dengan kepribadian tertentu mungkin tidak ingin menyelesaikan interaksi sosial tertentu. Seperti pada The Sims, The Sims 2 pun juga memiliki banyak ekspansi-ekspansi antara lain:
1. The Sims 2: University
2. The Sims 2: Bon Voyage
3. The Sims 2: Free Time
4. The Sims2: Season
5. The Sims 2: Apartment Life
 
Gambar 3. Logo The Sims 2

Pada ekspansi University, pemain dapat mengirim sim mereka ke dunia perkuliahan dimana sim akan menjalani kehidupan layaknya remaja yang berada di bangku kuliah. Mereka akan hidup terpisah dari orang tua mereka, hidup bebas, pergi ke kampus, bahkan melakukan hal-hal gila seperti berlari-larian tanpa busana! (bagian vital sim akan tersensor). Sims akan menyewa tempat kos dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Ukuran kamar pun tidak terlalu luas namun mereka biasanya tinggal di rumah yang besar. Meraka juga dapat berinteraksi dengan sims yang lainnya. Pada pagi hari, sim akan berangkat ke kampus mereka hingga kira-kira mereka akan pulang sekitar pukul 1 siang. Sim juga dapat melakukan pekerjaan sambilan seperti menjadi penjaga kasir, pelayan restoran, dsb. Mereka juga harus melakukan pekerjaan rumah yang diberikan kepada mereka setiap kali mereka pulang dari kampus. Tujuannya adalah agar nilai mereka akan semakin membaik dengan mendapat nilai A+. Setelah masa perkuliahan mereka selesai, mereka dapat kembali berkumpul dengan keluarga masing-masing.
Pada ekspansi Free Time, terdapat beberapa fitur-fitur baru salah satunya adalah jin dari lampu ajaib. Sim dapat mencari lampu ajaib apabila mereka memasuki daerah pekuburan. Sim tersebut akan menggosok lampu ajaib itu dan kemudian seorang jin akan keluar dari lampu tersebut. Setiap sim akan diberi 3 keingininan untuk dikabuli. Sesudah ketiga permintaan terkabuli, yang tersisa hanyalah opsi untuk membebaskan jin atau lampu beserta jin tersebut akan hilang dan mencari majikan yang baru.

Pada ekspansi Seasons, pemain akan semakin menikmati game ini dengan kehadiran musim-musim yang ada seperti musim panas, gugur, semi, dan salju. Pemain dapat membuat sim mereka menanam berbagai macam tanaman, mulai dari apel, jeruk, bahkan beberapa sayuran seperti bawang, dsb. Pada ekspansi ini pula, pemain dapat merubah seorang sim menjadi sosok yang istimewa yaitu menjadi elf. Elf dapat berkomunikasi dengan tanaman dan juga mereka memiliki kemampuan bercocok tanam yang melebihi sim biasa. Tanaman yang meraka tanam dapat tumbuh dengan kualitas yang sangat baik dengan waku yang sangat singkat

Gambar 4. Cuplikan Permainan The Sims 2

The Sims 3

The Sims 3 merupakan edisi terbaru dari dari rangkaian The Sims. Grafik dan detail dari permaianan ini sudah semakin baik. Gerakan sim pun sudah tidak kaku lagi. Permainan ini diluncurkan pada tahun 2009. Kini, pemain dapat merubah suara dari sim tersebut, memilih zodiak untuk mereka, dan memilih ‘Lifetime Wish’ untuk mereka jalani selama hidup mereka. Tidak kalah ketinggalan, The Sims 3 memiliki beberapa ekspansi menarik seperti:

The Sims 3: Ambitions
The Sims 3: Pets
The Sims 3: Late Night
The Sims 3: Generations
The Sims 3: World Adventure
The Sims 3: Show Time
The Sims 3: Supernatural 

Gambar 5. Logo The Sims 3


Pada ekspansi The Sims 3 Ambition, pemain dapat membuat sim mereka memiliki pekerjaan baru yaitu sebagai penangkap hantu dan wirausaha. Hasil tangkapan hantu yang mereka dapatkan dapat mereka jual lagi untuk mendapatkan simeleon (mata uang pada permainan The Sims). Mereka juga dapat menulis buku untuk dijual melalui laptop mereka.

Pada ekspansi The Sims 3 Late Night, pemain dapat membuat sim mereka menjadi seorang selebriti terkenal. Saat menjadi selebriti terkenal, segala aktifitas mereka bisa saja diabadikan oleh paparazzi saat mereka sedang berkegiatan di luar rumah. Sims yang menjadi selebriti pun akan dimintai tanda tangan dan berfoto bersama saat berada di luar rumah.

Pada ekspansi The Sims 3 World Adventure, sims dapat melakukan perjalanan ke 3 negara yaitu Mesir, Perancis, dan Cina. Setiap Negara memiliki barang-barang unik yang tidak dijual di kota asal mereka. Mereka juga dapat berburu harta karun. Ekspansi The Sims 3 Supernatural merupakan ekspansi terbaru yang baru keluar tanggal 4 september kemarin. Sesuai dengan temanya, permainan ini menyediakan berbagai makhluk fantasi seperti penyihir, vampire, zombie,manusia serigala, dan peri. Sim yang menjadi penyihir dapat membuat berbagai macam ramuan, mengendarai sapu terbang, bahkan berduel dengan penyihir lainnya. Sim yang menjadi vampire dapat mengisap darah dari sim lainnya, namun mereka tidak tahan terhadap sinar matahari. Sim yang menjadi peri, mereka akan memiliki sayap, mereka dapat mengecilkan ukuran tubuh mereka karena mereka memiliki rumah peri yang berukuran mini  Sedangkan sim yang menjadi  manusia serigala akan berubah pada malam bulan purnama. Mereka dapat kembali menjadi sim yang biasa dengan meminum ramuan yang dibuat oleh penyihir.  


 Gambar 4. Cuplikan Permainan The Sims 3


Sumber:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar