Selasa, 08 Oktober 2013

Bisnis Informatika

DEFINISI UMUM

1.      Bisnis
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya bisnis pertelevisian. Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa.

2.      Teknologi Informasi dan Komunikasi
Menurut Puskur Diknas Indonesia, Teknologi Informasi Dan Komunikasi mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
·         Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
·         Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer atau pemindahan informasi antar media.

3.      Bisnis Informatika
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti sibuk dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Sedangkan, Informatika (Inggris: Informatics) merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi.
Sehingga Bisnis Informatika adalah kesibukan atau pekerjaan yang memakai atau menggunakan informasi maupun data yang berbasis komputer untuk mendatangkan keuntungan bagi individu, komunitas ataupun masyarakat.

PT Bank Mandiri (Persero), Tbk.


1.      Profile Bank Mandiri

Kantor Pusat Bank Mandiri
Jl, Jenderal Gatot Subroto Kav. 36-38 
Jakarta 12190 Indonesia 
Telp               : 14000, 
+62-21-52997777       
Fax               : +62-21-52997735 
SWIFT Code  : BMRIIDJA 

 

Bank Mandiri didirikan pada 2 Oktober 1998, sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank pemerintah -- yaitu Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia -- dilebur menjadi Bank Mandiri, dimana masing-masing bank tersebut memiliki peran yang tak terpisahkan dalam pembangunan perekonomian Indonesia. Sampai dengan hari ini, Bank Mandiri meneruskan tradisi selama lebih dari 140 tahun memberikan kontribusi dalam dunia perbankan dan perekonomian Indonesia.
Segera setelah merger, Bank Mandiri melaksanakan proses konsolidasi secara menyeluruh. Pada saat itu, kami menutup 194 kantor cabang yang saling berdekatan dan rasionalisasi jumlah karyawan dari jumlah gabungan 26.600 menjadi 17.620. Brand Bank Mandiri diimplementasikan ke semua jaringan dan seluruh kegiatan periklanan dan promosi lainnya. Salah satu prestasi Bank Mandiri yang paling signifikan adalah dengan mengganti platform teknologinya secara menyeluruh. Bank Mandiri mewarisi total 9 core banking system yang berbeda dari 4 bank pendahulunya. Bank Mandiri segera berinvestasi untuk mengkonsolidasikan sistem-sistem dari platform yang terkuat. Dibutuhkan tiga tahun dan dana sebesar US$ 200 Juta demi mengembangkan program untuk menggantikan core banking platform sebelumnya agar sesuai dengan standar perbankan ritel. Kini infrastruktur IT Bank Mandiri telah menyediakan system pengolahan data straigth-throughdan interface yang seragam bagi pelanggannya.

Total aktiva Bank Mandiri mencapai Rp.253,71 triliun. Bank Mandiri saat ini mempekerjakan 21.079 karyawan dengan 921 kantor cabang, termasuk 6 kantor cabang/perwakilan/anak perusahaan di luar negeri. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 2.662 ATM, disamping 6.131 ATM yang merupakan jaringan LINK (jaringan ATM Bersama) dan memiliki mesin Electronic Data Capture (EDC) sekitar 13.000 yang tersebar di seluruh Indonesia. Memiliki 4,9 juta pemegang kartu ATM Mandiri dan 1,4 juta user SMS Banking Mandiri, 338 ribu user internet banking dan 496 ribu user Call Mandiri serta 800 ribu pemegang kartu kredit Visa.


1.      Visi dan Misi Bank Mandiri
Visi :
Menjadi Lembaga Keuangan Indonesia yang paling dikagumi dan selalu progresif

Misi :
1.        Berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pasar
2.        Mengembangkan sumber daya manusia professional
3.        Memberi keuntungan yang maksimal bagi stakeholder
4.        Melaksanakan manajemen terbuka
5.        Peduli terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan

2.      Mandiri Mobile
Mandiri Mobile adalah  layanan mobile banking pada smartphone  (Blackberry, Android, dan iPhone) dengan tampilan menu yang menarik dan mudah digunakan. Dengan mandiri mobile Anda dapat melakukan transaksi finansial (transfer, pembayaran, pembelian, dll), transaksi  non finansial (cek saldo, cek histori transaksi, dll), informasi lokasi cabang/ATM, informasi kurs dan fitur-fitur menarik lainnya.
Untuk menggunakan layanan ini, Anda perlu mengaktifkan layanan mandirisms kemudian mengunduh aplikasi mandiri mobile. Anda dapat mengunduh aplikasi ini di Blackberry App World, App Store, dan Google Play. Bagi pengguna smartphone Blackberry dan Android, aplikasi mandiri mobile juga dapat diunduh dengan cara mengetik reg mobile lalu kirim ke 3355. Selanjutnya meng-klik link yang terdapat pada sms balasan dari 3355.

Ketentuan layanan mandiri mobile :
1.        Mandiri mobile dapat diunduh oleh Nasabah/non Nasabah.
2. Nasabah/non Nasabah yang akan melakukan transaksi harus memiliki rekening perorangan mandiri tabungan atau mandiri tabungan bisnis atau mandiri  giro  dan   terdaftar  sebagai pengguna layanan mandirisms.
3.   Untuk memperoleh layanan, Nasabah harus mengunduh aplikasi mandirimobile melalui registrasi SMS, situs resmi Bank Mandiri ataupun layanan unduh aplikasi resmi mitra Bank Mandiri seperti App Store, Blackberry App World, dan Google Play.
4.    Aplikasi mandiri mobile hanya dapat berfungsi pada satu kartu SIM (nomor telepon selular) yang telah terdaftar dan satu handset/alat telepon selular/komputer tablet (tidak termasuk iPad) yang telah digunakan untuk mengunduh aplikasi.

Biaya :
1.        Biaya akses layanan mandiri mobile adalah biaya data  (3G/GPRS/WIFI) yang ditetapkan oleh masing-masing penyedia jasa telekomunikasi serta fee transaksi yang dikenakan oleh penyedia jasa layanan.
2.        Pada tipe handset iPhone terdapat Biaya SMS pada permintaan OTP (one time password) sebesar Rp. 500,- per sms yang diterima. SMS OTP adalah 6 digit angka yang unik yang berlaku hanya untuk 1 (satu) kali transaksi.
3.  Untuk penonaktifan layanan dapat dilakukan sementara (dengan cara menghapus aplikasi mandiri mobile) atau permanen (dengan cara menonaktifkan user mandiri sms).

3.      Mandiri SMS

Keuntungan :
1.        Apapun SIM Card Anda, nikmati pilihan cara bertransaksi
      Ketik SMS atau Pilih Menu Kini, transaksi perbankan semakin mudah. Mandiri SMS adalah layanan perbankan yang dapat Anda gunakan untuk bertransaksi perbankan melalui SMS di ponsel Anda.
2.        Transaksi Perbankan, Kapan Saja
       Dimana saja Berbagai Keuntungan Yang Anda Dapatkan
3.        Mudah dan Fleksibel
     Ketik SMS atau Pilih Menu Dengan mengetikkan kode transaksi yang dibutuhkan, jawaban akan diterima dalam bentuk SMS juga atau transaksi dapat dilakukan dengan SIM Microbrowser Mobile Banking memilih menu pada ponsel.
4.        Lebih Efisien
       Biaya transaksi sebesar biaya SMS + Rp500. Untuk notifikasi SMS sebesar Rp 500.
5.        Memakai semua jenis SIM Card
      Apapun jenis SIM Card yang Anda miliki, transaksi perbankan dapat Anda lakukan. Transaksi dengan memilih menu ini dapat dinikmati oleh pengguna navigator Telkomsel. Life In Hand XL, Matrix dan Mentari Indosat

Jenis Transaksi :

1.        Transfer dana
·         Transfer antar rekening Bank Mandiri
·         Transfer antar Bank
2.        Cek Saldo
·         Saldo rekening tabungan , rekening valas dan pinjaman.
3.        Informasi
·         Informasi tagihan Mandiri Visa
·         5 transaksi terakhir rekening
·         Suku bunga Deposito, suku bunga Tabungan dan kurs valuta asing
4.        Pembayaran dan pembelian
·         Pembayaran tagihan Mandiri VISA, Telkom, Telkom Flexi, KartuHALO, Matrix, Xplor, Fren, Esia, StarONE, Garuda, Air Efata, Air Asia, Adam Air, Merpati Air, Riau Air, Travel Agent , PLN, PBB, Kompas, XL Kita, IndosatNET, CBN Internet, Kabel Vision, Indo Vision, Multiartha, AXA Mandiri, Bina Sarana Informatika, Perbanas Jakarta, Amikom Yogya
·         Pembelian voucher isi ulang simPATI, IM3 Smart, Mentari , XL bebas, Flexi Trendy, Fren dan Esia dan StarONE
5.        Notifikasi SMS
·         Pendebitan/pengkreditan di atas nilai tertentu
·         Penolakan cek/bilyet giro
·         Jatuh tempo rekening Deposito
·         Saldo rekening di bawah nilai tertentu.
6.      Perubahan PIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar