Pengertian Kecerdasan Buatan
Kecerdasan
buatan (bahasa Inggris: Artificial
Intelligence atau AI) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan
oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya
dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin
(komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.
Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem
pakar, permainan
komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Sejarah Artificial Intelligence dalam
Game
Pada tahun 1769, dataran Eropa
dikejutkan dengan suatu permainan catur yang dapat menjawab langkah-langkah
permainan catur yang belum ditentukan terlebih dahulu. Mesin ini disebut dengan Maelzel Chess Automationdan dibuat
oleh Wolfgang Von Kempelan (1734-1804)
dari Hungaria. Akan tetapi mesin ini akhirnya terbakar pada tahun 1854 di
Philadelphia Amerika Serikat.banyak orang tidak percaya akan kemampuan mesin
tersebut. Dan seorang penulis dari Amerika Serikat, Edgar Allan Poe (1809-1849)
menulis sanggahan terhadap mesin tersebut, dia dan kawan-kawannya ternyata
benar, bahwa mesin tersebut adalah tipuan, dan kenyataannya bukanlah
aoutomation, tetapi merupakan konstruksi yang sangat baik yang dikontrol oleh
seorang pemain catur handal yang bersembunyi di dalamnya.
Usaha untuk membuat konstruksi mesin
permainan terus dilanjutkan pada tahun 1914, dan mesin yang pertama kali
didemonstrasikan adalah mesin permainan catur. Penemu mesin ini adalah Leonardo Torres Y Quevedo, direktur
dari Laboratorio de Automatica di
Madrid, Spanyol. Beberapa tahun kemudian, ide permainan catur dikembangkan dan
diterapkan di komputer oleh Arthur
L. Samuel dari IBM dan dikembangkan lebih lanjut oleh Claude Shannon.
Artificial Intelligence pada Game
Perkembangan game saat ini
tidak lepas dari kecerdasan buatan (artificiall intelligence). Kecerdasan
buatan merupakan salah satu bagian dari ilmu komputer yang membuat mesin
(komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti manusia dan komputer dimungkinkan
untuk dapat berfikir.
Berdasarkan perkembangan game yang pesat pada masa ini, maka tidak
dipungkiri bahwa dibutuhkan sesuatu yang berbeda pada rule permainannya. Hal ini sangat
berkaitan dengan kecerdasan buatan (artificiall intelligence) yang diterapkan pada game.
Sebelumnya, sebuah sistem game, jika sudah dimainkan sampai tuntas oleh seorang
, maka ketika player yang sama memulai lagi permainan dari awal, maka rulepermainannya
akan sama. Namun, untuk saat ini sesuai dengan perkembangan game dan kecerdasan
buatan yang diterapkan, sistem dalam game sudah dapat belajar mengenali pola
permainan dari player dan ketika player tersebut memulai permainan
kembali, maka sistem ini akan menggunakan rule yang
berbeda untuk pemain yang sama ini, sehingga game menjadi lebih menarik dan
menantang untuk dimainkan.
Contoh game sederhana yang melakukan
pendekatan AI adalah
1.
Game PacMan
Pemanfaatan
AI dalam game ini digunakan untuk mencari
jalur terpendek untuk menentukan targetnya. Pada game ini dapat kita lihat
bahwa hantu-hantu (komputer) yang menjadi musuh Pacman dapat mempertimbangkan
dan memilih jalan yang tercepat untuk menangkap dan mengepung sang Pacman
(pemain). Bahkan ketika sang Pacman memakan bola yang bisa membuat si hantu
menjadi lemah maka sang hantu akan langsung segera menghindari sang Pacman
secepatnya. Tindakan seperti itu memang terlihat mudah namun pada kenyataannya
pembuatan hal tersebut cukup sulit dilakukan. Pembuatan hal tersebut membutuhkan
algoritma yang mungkin sedikit rumit terutama bagi orang awam.
Gambar 1. Game
Pacman
2.
Game Tic Tac Toe
Merupakan
game yang bertujuan untuk melatih otak dan untuk hiburan semata. Game TicTacToe
lebih dikenal di Indonesia sebagai Game Catur Jawa karena prinsip permainan
game Tic Tac Toe sama dengan Game Catur Jawa. Cara memainkan game tersebut
dengan memberikan Nilai X atau O pada tiap pemain. Pada game TicTacToe terdiri
dari 9 kolom yang berfungsi untuk meletakan nilai tersebut. Yang mana untuk
memenangkan game tersebut pemain harus dapat membentuk nilai X atau O berbentuk
vertikal, horizontal atau diagonal pada kolom tersebut. Letak AI dalam game ini
adalah kesulitan yang diberikan kepada pemain pertama, yaitu kita, dalam arti user untuk
memenangkan game ini oleh komputer yang berperan sebagai pemain kedua, dimana
pemain kedua ini diciptakan sebagai AI.
Gambar 2. Game
Tic Tac Toe
Jadi keberadaan AI dalam teknologi game sangat
lah membantu. Yang pertama AI dapat menjadi lawan bermain yang cukup tangguh.
Lalu yang kedua AI dapat melatih otak kita untuk berpikir keras lagi dalam
menyelesaikan game yang kita mainkan. Dengan adanya AI kita juga tidak perlu
repot untuk mencari lawan bermain jika memang kita sedang tidak ada lawan
bermain. Sebagai contoh kita dapat bermain Counter Strike dimana yang menjadi
musuh kita merupakan Bot (komputer) yang memiliki kecerdasan yang cukup tinggi.
Dia dapat menemukan pemain lalu menyerangnya. Selain itu game-game lain seperti
The Sims, dimana pemain (user) dapat berinteraksi dengan objek lain yang
disediakan dalam permainan tersebut.
Sumber :
http://adaruddy.wordpress.com/2011/03/09/game-artificial-intelligence/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar