Game 2D
Game dua dimensi dilihat dari keadaan ruangnya yang hanya memiliki dua sisi
yaitu sisi X dan sisi Y. 2D merupakan suatu konsep dimana semua objek
berada pada satu bidang datar. Anda tidak bisa bebas bergerak ke segala sisi,
gerakan dibatasi hanya horizontal dan vertikal atau secara vertikal gerakan
dibatasi hanya pada sumbu X dan Y.
Sedangkan untuk gambarnya sendiri dapat menggunakan Vector maupun Bitmap.
Untuk membuat animasi bergerak (berjalan, melompat, berlari, dll) kita harus
membuat gambar satu persatu yang disebut dengan (frame). Kerealisasian gerakan ditentukan dari gambar yang dibuat, jumlah gambar (frame)
yang digunakan, serta hitungan gambar per detik (frame per second).
Jadi semakin
tinggi hitungan gambar per detiknya maka semakin mulus juga gerakan yang akan
dihasilkan. Sebagai contoh grafik 2D pada game 2D dibatasi dengan konsep awal
yang dikenal side-scrolling background. Side-scrolling background adalah suatu
game dimana saat kita mainkan kameranya akan bergeser ke kanan atau ke kiri
dengan kecepatan sesuai dengan gerakan dan kecepatan karakter yang kita
mainkan/gerakkan pada game tersebut, contoh game yang termasuk pada jenis ini
biasanya adalah jenis platform genre seperti Super Mario bross, Sonic dan Megaman
yang dipopulerkan oleh produsen konsol Nintendo dan Sega.
Game dua dimensi ini memiliki 2 konsep, yaitu:
1. Static View, dimana semua objek berada pada satu
bidang dan gerakan karakter utama hanya terbatas pada bidang itu saja.
2. Side Scrolling View, dimana
objek-objek dan gambar latar akan terus bergerak ke kanan dan ke kiri sesuai
dengan kecepatan gerakan karakter yang dimainkan.
Contoh Game 2D
The Sonic seri Hedgehog adalah waralaba video game yang
dirilis oleh Sega dibintangi karakter maskot mereka,Sonic the Hedgehog. Serial
ini dimulai pada tahun 1991 dengan merilis Sonic
the Hedgehog di Sega mega drive / Genesis. Sebuah versi
8-bit dari permainan juga dirilis untuk Sistem Master dan permainan Aksesoris format.Sonic bertanggung jawab untuk mengubah Sega menjadi
perusahaan video game terkemuka di awal era 16-bit, dan pertandingan pertama
segera digantikan Binatang Diubahsebagai default paket-in game untuk Kejadian di Amerika Utara dan
Eropa. Pada
2012, waralaba telah terjual lebih dari 116 juta unit, membuat seri terlaris
waralaba video game 5th sepanjang masa.
Gambar 1. Logo Sonic the Hedgehog
Permainan
dalam seri yang dikembangkan oleh Sonic Team , dengan pengecualian beberapa
spin-off yang dikembangkan sendiri oleh Sega of America. Programmer
utama untuk pertandingan pertama adalah Yuji Naka , yang kemudian menjadi kepala
divisi Tim Sonic, dan perencana permainan adalah Hirokazu Yasuhara tetapi berhenti memproduksi
game untuk waralaba. Musik dari dua yang pertama Sonic
the Hedgehog game pada Mega Drive / Genesis disusun oleh Masato Nakamura dari
band Jepang Dreams Come True .
Gambar 2. Pemainan Sonic the Hedgehog
Yuji
Naka, Hirokazu Yasuhara dan Naoto Oshima berhenti memproduksi game untuk Sonic. Yuji
Naka menjadi kepala franchise sendiri, prope dan Yasuhara pindah ke sebuah
perusahaan game Namco. Sampai
saat ini, Takashi Iizuka adalah kepala Tim Sonic dan telah terlibat dalam beberapa game Sonic saat ini. Sebagian
besar dari keterlibatannya adalah / di Warna
Sonic dan Sonic
Generations , ia mengambil sangat sedikit keterlibatan dalamseri buku cerita. Saat
ini, sebagian besar musik dilakukan oleh Tim
Suara SEGA .
Game 3D
Akhirnya pada era 1990-an grafik 2D
sudah mulai ditinggalkan dan beralih ke grafik 3D yang lebih bersifat inovatif.
Grafik 3D berbeda dengan grafik 2D. Pada grafik 3D menggunakan tiga dimensi
representasi dari data geometrik yang disimpan dalam komputer untuk tujuan
melakukan perhitungan dan render gambar 2D. Sistem koordinat pada grafik 3D
terdapat 3 sumbu yaitu x, y, dan z. WCS (world coordinate system), wcs adalah
koordinat yg posisidan arahnya selalu tetap dan bersifat absolute. Disini arah
sumbu x,y,z yang anda masukan selalu dihitung dari titik acuan yang sama, tidak
tergantung dari arah pandang saat ini. Sistem koordinat 3D juga bersifat UCS
(user coordinate system), ucs adalah sistem koordinat yang dapat diubah-ubah
(dipindah dan dirotasikan) sesuai dengan keinginan pengguna.
Suatu objek 3D mempunyai titik/vertex
(x,y,z) yang membentuk sekumpulan luasan-luasan (face) yang tergabung dalam
satu kesatuan. Face disini disebut juga sisi. Pada objek 3D tidak semua face
terlihat karena terdapat face-face yang berada di bagian belakang dan terhalang
oleh face yang lainnya. Dalam penggunaan perngkat lunaknya, perbedaan antara 2D
& 3D kadang-kadang sulit terlihat. Hal ini dikarenakan aplikasi 2D dapat
menngunakan tehnik 3D untuk menghasilkan suatu efek seperti pencahayaan dan
dalam 3D dapat menggunakan tehnik render 2D.
Dengan begitu, produsen-produsen konsol
seperti Nintendo pun meng-upgrade teknologi yang mereka miliki. Lalu timbul lah
pesaing-pesaing baru seperti PlayStation, X-Box. Akan tetapi games dengan
teknologi grafik 3D ini tidak hanya bisa dimainkan di konsol-konsol tersebut,
melainkan sekarang sudah bisa dimainkan di PC juga. Dalam hal kenyamanan, itu
tergantung masing-masing gamers, apakah ia lebih nyaman hanya dengan
manggunakan konsol, ataupun PC. Tapi menurut saya, jika di PC, kita bisa
sepuasnya mengupgrade hardware seperti graphic card, RAM, agar menghasilkan
kualitas gambar yang lebih bagus.
Contoh game 3D
The Sims adalah permainan komputer simulasi
strategik yang dibuat oleh desainer permainan Will Wright, dipublikasi oleh
Maxis, dan didistribusikan oleh Electronic Arts. Permainan ini adalah simulasi
aktivitas sehari-hari dalam rumahtangga. Pada tanggal 4 Februari 2000,
permainan ini telah terjual sebanyak 16 juta kopi yang membuatnya sebagai
permainan komputer dengan penjualan terbesar dalam sejarah.
Gambar 3. Logo The Sims
The Sims berfokus pada kehidupan orang virtual yang disebut sebagai Sims. Pemain dapat mengontrol
aktivitas keseharian Sims, seperti menyuruhnya tidur, makan, membaca, atau
mandi. Will Wright, desainer game ini, menyebut The Sims sebagai permainan rumah-rumahan digital ("digital
dollhouse").selain itu kita juga dapat membuat orang dengankarakter masing
masing.
Gambar 4. Permainan The Sims
Jadi dapat kita
tarik kesimpulan bahwa perbandingan antara game 2D dan game 3D terletak pada
sisi grafik pada kedua game tersebut. Game 2D hanya berdasarkan sumbu X dan Y,
yang artinya tampilan dari game 2D hanya nampak seperti bidang datar
berdasarkan lebar dan panjang. Contohnya adalah game Super Mario Bross.
Sedangkan game 3D sudah menggunakan sumbu X, Y dan Z. Jadi game 3d tidak lagi
hanya nampak seperti bidang datar, namun sudah nampak seperti sebiah ruang yang
benar-benar nyata dan terlihat dari segala sisi, karena game 3D juga dapat
dilihat dari lebar, panjang dan juga tingginya. Contohnya adalah game Ragnarok
Online.
Sumber :
http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/457/jbptunikompp-gdl-prasetyoad-22806-6-unikom_p-i.pdf
http://gameprogramming.blog.ittelkom.ac.id
http://g2hcombro.wordpress.com
http://itwithmoonfang.blogspot.com
http://wartawarga.gunadarma.ac.id
http://esaneza.blogspot.com/2013/05/perbandingan-game-2d-dan-3d.html
http://jokomurdiyanto.blogspot.com/2013/05/penjelasan-game-perbandingan-game-2d.html
http://dapeleon.blogspot.com/2013/05/perkembangan-dan-perbandingan-game-2d-3d.html
http://sonic.wikia.com/wiki/Sonic_the_Hedgehog_series
Tidak ada komentar:
Posting Komentar