Gambar
1. Perkembangan console PS
PlayStation (bahasa Jepang: プレイステーション) adalah konsol
permainan grafis dari era 32-bit. Pertama kali diproduksi oleh Sony sekitar
tahun 1990. PlayStation diluncurkan perdana di Jepang pada 3 Desember 1994, di
Amerika Serikat 9 September 1995 dan Eropa 29 September 1995. PlayStation
menjadi sangat terkenal sehingga membentuk "Generasi PlayStation".
Dari sekian banyak game PlayStation, beberapa yang terkenal adalah: Suikoden, Tomb Raider, Final Fantasy,
Resident Evil, Tekken, Winning Eleven, Ridge Racer, wipEout, Gran Turismo,
Crash Bandicoot, Spyro, dan seri Metal
Gear Solid. Pada 18 Mei 2004, Sony telah memproduksi 100 juta
PlayStation dan PSOne ke seluruh dunia. Pada Maret 2004, sebanyak 7.300 judul
permainan telah tersedia dengan jumlah akumulasi 949 juta.
Sejarah PlayStation
Tahun 1986
Nintendo
memulai percobaan terhadap teknologi disk untuk menggantikan catridge pada game
console-nya, Famicom. Namun karena media CD memiliki beberapa kelemahan seperti
mudahnya penghapusan, daya tahan yang rendah, dan bahaya pembajakan, percobaan
itu tidak pernah terjadi dan hanya sebatas konsep saja. Akhirnya, Nintendo
mulai tertarik pada CDROM/XA yang dikembangkan oleh Sony dan Philips. Kemudian
Nintendo membuat sebuah kontrak dengan Sony untuk membuat CD-ROM add-on, yang
kemudian disebut dengan SNES-CD. Pada saat itu pula, Sony merencanakan
pengembangan lainnya. Pengembangan itu berupa akan dibuatnya sebuah game
console jenis baru Sony ( yang kemudian dikenal dengan nama proyek Playstation
) yang akan cocok dengan format SNESCD-ROM.
Tahun 1989
Nintendo
memutuskan kontrak dengan Sony dan membuat kontrak baru dengan Philips. Hal ini
dikarenakan setelah membaca ulang kontrak dengan Sony, Hiroshi Yamauchi sebagai
petinggi Nintendo menyadari bahwa Sony memegang kendali seluruh sertifikat yang
menyangkut SNESCD-ROM. Setelah kontrak dihentikan, Sony mengumumkan bahwa
proyek dengan nama Playstation akan dihentikan. Namun akhirnya perusahaan
memutuskan untuk melanjutkan proyek tersebut dengan mempertimbangkan proyek
Playstation sudah hampir selesai. Ini menyebabkan Nintendo menuntut Sony dengan
alasan pelanggaran kontrak.
Tahun 1991
Pengadilan
memutuskan bahwa Sony tidak melanggar perjanjian kontrak dengan Nintendo.
Tahun 1992
Sony
dan Nintendo membuat kesepakatan, yang menyatakan Sony Playstation akan tetap
menggunakan port untuk SNES game, sedangkan hak patennya kan tetap dimiliki
oleh Nintendo dan juga Nintendo akan mendapatkan keuntungan dari penggunaan
SNES game.
Tahun 1993
Playstation
akhirnya dirilis setelah perombakan ulang konsep. Playstation tidak lagi
menggunakan catridge port SNES dan kesepakatan dengan Nintendo telah dibatalkan
karena dengan tidak digunakannya catridge port pada Playstation, maka
kesepakatan tersebut tidak berlaku lagi.
Chip RISC R3000A-kompatibel 32-bita (R3051) dengan kecepatan
33.8688 MHz. Chip ini diproduksi oleh LSI Logic Corp dengan lisensi teknologi
dari SGI. Chip ini memiliki Mesin Transformasi Geometri (Geometry Transformation Engine) dan Mesin
Dekompersi Data (Data Decompression
Engine).
Fitur:
1. Lebar jalur data (Bus Bandwidth) 132 Mb/s
2. Instruction Cache
4 KB
3. Data Cache
1 KB (non associative,
hanya 1024 bytes dari pemetaan SRAM -Static Random Access Memory- cepat)
Mesin
Transformasi Geometri (Geometry Transformation Engine)
Terletak di dalam chip CPU. Bertugas melakukan rendering grafis 3 dimensi.
Fitur:
1. Performa
Operasi 66 juta instruksi per detik
2. 360,000 poligon Flat-shaded per detik
3. 180,000 pemetaan tekstur dan poligon bersumber
cahaya setiap detik (texture
mapped and light-sourced polygons)
Pada awalnya Sony memberikan perhitungan poligon sebagai
berikut:
1. 1.5 juta poligon flat-shaded per detik
1. 1.5 juta poligon flat-shaded per detik
2. 500,000 poligon texture mapped dan
light-sourced per detik
Angka tersebut diberikan sebagai acuan untuk performa dalam
kondisi optimal, jadi sangat tidak mungkin terjadi untuk kondisi normal.
Mesin Dekompresi
Data (Data Decompression Engine)
Juga terletak di dalam chip CPU. Bertugas melakukan
dekompresi gambar dan video. Menurut dokumentasi: membaca 3 RLE-encoded 16x16 blok makro,
menjalankan IDCT dan menyusun sebuah makroblok RGB 16x16. Data output di pindahkan langsung ke GPU
melalui DMA. Sangat mungkin untuk melakukan overwrite matriks IDCT dan beberapa parameter tambahan,
sayangnya instruksi internal MDEC tidak pernah didokumentasikan.
Fitur:
1. Kompatible
dengan file MPEG1 dan H.261
2. Perfoma Operasi 80 juta instruksi per detik
3. Terhubung langsung dengan Bus CPU
Chip ini terpisah dari CPU dan menangani semua proses grafik
2 dimensi.
Fitur:
1. Maksimum 16.7 juta warna
1. Maksimum 16.7 juta warna
2. Dapat menganai resolusi 256x224 sampai 640x480
3. Memiliki frame buffer yang bisa diatur
4. Unlimited Colour Lookup Tables
5. Maksimum 4000 8x8 pixel sprites dengan individual scaling and rotation
6. Dapat menangani latar belakang simultan (untuk
parallax scrolling)
7. Dapat melakukan Flat or Gouraud shading, dan
texture mapping
Suara (Audio)
Chip ini menangani proses suara/audio.
Fitur:
1. Dapat melakukan efek digital termasuk:
- Envelope
- Looping
- Digital
Reverb
Memori
2. Dapat menangani sampel waveforms sampai 512Kb
3. Mendukung instrumen MIDI
4. Dapat
menangani sumber ADPCM sampai 24 kanal dan sampai 44.1 kHz sampling rate
5. Format nama file PC: .PSF
1. RAM Utama: 2 Megabita (4 Megabita untuk "Blue Console")
2. RAM Video: 1 Megabita
3.RAM Suara: 512 Kilobita
4. CD-Rom Buffer: 32 Kilobytes
5. ROM sistem operasi: 512 Kilobita
6. PlayStation Memory Cards memiliki kapasitas 128 Kilobytes di dalam EEPROM
CD-ROM
Fitur:
1. Two
Speed, maksimum transmisi data 300 KB/s
2. XA Compliant
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar