Senin, 20 Mei 2013

Sejarah dan Spesifikasi PlayStation


Gambar 1. Perkembangan console PS

PlayStation (bahasa Jepang: プレイステーション) adalah konsol permainan grafis dari era 32-bit. Pertama kali diproduksi oleh Sony sekitar tahun 1990. PlayStation diluncurkan perdana di Jepang pada 3 Desember 1994, di Amerika Serikat 9 September 1995 dan Eropa 29 September 1995. PlayStation menjadi sangat terkenal sehingga membentuk "Generasi PlayStation". Dari sekian banyak game PlayStation, beberapa yang terkenal adalah: Suikoden, Tomb Raider, Final Fantasy, Resident Evil, Tekken, Winning Eleven, Ridge Racer, wipEout, Gran Turismo, Crash Bandicoot, Spyro, dan seri Metal Gear Solid. Pada 18 Mei 2004, Sony telah memproduksi 100 juta PlayStation dan PSOne ke seluruh dunia. Pada Maret 2004, sebanyak 7.300 judul permainan telah tersedia dengan jumlah akumulasi 949 juta.

Sejarah PlayStation

Tahun 1986
Nintendo memulai percobaan terhadap teknologi disk untuk menggantikan catridge pada game console-nya, Famicom. Namun karena media CD memiliki beberapa kelemahan seperti mudahnya penghapusan, daya tahan yang rendah, dan bahaya pembajakan, percobaan itu tidak pernah terjadi dan hanya sebatas konsep saja. Akhirnya, Nintendo mulai tertarik pada CDROM/XA yang dikembangkan oleh Sony dan Philips. Kemudian Nintendo membuat sebuah kontrak dengan Sony untuk membuat CD-ROM add-on, yang kemudian disebut dengan SNES-CD. Pada saat itu pula, Sony merencanakan pengembangan lainnya. Pengembangan itu berupa akan dibuatnya sebuah game console jenis baru Sony ( yang kemudian dikenal dengan nama proyek Playstation ) yang akan cocok dengan format SNESCD-ROM.

Tahun 1989
Nintendo memutuskan kontrak dengan Sony dan membuat kontrak baru dengan Philips. Hal ini dikarenakan setelah membaca ulang kontrak dengan Sony, Hiroshi Yamauchi sebagai petinggi Nintendo menyadari bahwa Sony memegang kendali seluruh sertifikat yang menyangkut SNESCD-ROM. Setelah kontrak dihentikan, Sony mengumumkan bahwa proyek dengan nama Playstation akan dihentikan. Namun akhirnya perusahaan memutuskan untuk melanjutkan proyek tersebut dengan mempertimbangkan proyek Playstation sudah hampir selesai. Ini menyebabkan Nintendo menuntut Sony dengan alasan pelanggaran kontrak.

Tahun 1991
Pengadilan memutuskan bahwa Sony tidak melanggar perjanjian kontrak dengan Nintendo.

Tahun 1992
Sony dan Nintendo membuat kesepakatan, yang menyatakan Sony Playstation akan tetap menggunakan port untuk SNES game, sedangkan hak patennya kan tetap dimiliki oleh Nintendo dan juga Nintendo akan mendapatkan keuntungan dari penggunaan SNES game.

Tahun 1993
Playstation akhirnya dirilis setelah perombakan ulang konsep. Playstation tidak lagi menggunakan catridge port SNES dan kesepakatan dengan Nintendo telah dibatalkan karena dengan tidak digunakannya catridge port pada Playstation, maka kesepakatan tersebut tidak berlaku lagi.

Spesifikasi PlayStation

CPU Utama

Chip RISC R3000A-kompatibel 32-bita (R3051) dengan kecepatan 33.8688 MHz. Chip ini diproduksi oleh LSI Logic Corp dengan lisensi teknologi dari SGI. Chip ini memiliki Mesin Transformasi Geometri (Geometry Transformation Engine) dan Mesin Dekompersi Data (Data Decompression Engine).
Fitur:
1. Lebar jalur data (Bus Bandwidth) 132 Mb/s
2. Instruction Cache 4 KB
3. Data Cache 1 KB (non associative, hanya 1024 bytes dari pemetaan SRAM -Static Random Access Memory- cepat)

Mesin Transformasi Geometri (Geometry Transformation Engine)

Terletak di dalam chip CPU. Bertugas melakukan rendering grafis 3 dimensi.
Fitur:
1. Performa Operasi 66 juta instruksi per detik
2. 360,000 poligon Flat-shaded per detik
3. 180,000 pemetaan tekstur dan poligon bersumber cahaya setiap detik (texture mapped and light-sourced polygons)

Pada awalnya Sony memberikan perhitungan poligon sebagai berikut:
1. 1.5 juta poligon flat-shaded per detik
   2. 500,000 poligon texture mapped dan light-sourced per detik

Angka tersebut diberikan sebagai acuan untuk performa dalam kondisi optimal, jadi sangat tidak mungkin terjadi untuk kondisi normal.

Mesin Dekompresi Data (Data Decompression Engine)

Juga terletak di dalam chip CPU. Bertugas melakukan dekompresi gambar dan video. Menurut dokumentasi: membaca 3 RLE-encoded 16x16 blok makro, menjalankan IDCT dan menyusun sebuah makroblok RGB 16x16. Data output di pindahkan langsung ke GPU melalui DMA. Sangat mungkin untuk melakukan overwrite matriks IDCT dan beberapa parameter tambahan, sayangnya instruksi internal MDEC tidak pernah didokumentasikan.
Fitur:
  1. Kompatible dengan file MPEG1 dan H.261 
        2. Perfoma Operasi 80 juta instruksi per detik
        3. Terhubung langsung dengan Bus CPU

Unit Pengolah Grafis (Graphics Processing Unit)



Chip ini terpisah dari CPU dan menangani semua proses grafik 2 dimensi.

Fitur:
1. Maksimum 16.7 juta warna
2. Dapat menganai resolusi 256x224 sampai 640x480
3. Memiliki frame buffer yang bisa diatur
4. Unlimited Colour Lookup Tables
5. Maksimum 4000 8x8 pixel sprites dengan individual scaling and rotation
6. Dapat menangani latar belakang simultan (untuk parallax scrolling)
7. Dapat melakukan Flat or Gouraud shading, dan texture mapping

Suara (Audio)


Chip ini menangani proses suara/audio.
Fitur:
1. Dapat melakukan efek digital termasuk:
    - Envelope
    - Looping
    - Digital Reverb
2. Dapat menangani sampel waveforms sampai 512Kb
3. Mendukung instrumen MIDI
4. Dapat menangani sumber ADPCM sampai 24 kanal dan sampai 44.1 kHz sampling rate
5. Format nama file PC: .PSF

Memori

1. RAM Utama: 2 Megabita (4 Megabita untuk "Blue Console")
2. RAM Video: 1 Megabita
3.RAM Suara: 512 Kilobita
4. CD-Rom Buffer: 32 Kilobytes
5. ROM sistem operasi: 512 Kilobita
6. PlayStation Memory Cards memiliki kapasitas 128 Kilobytes di dalam EEPROM

CD-ROM


Fitur:
1. Two Speed, maksimum transmisi data 300 KB/s
        2. XA Compliant




Sumber:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar