Senin, 20 Mei 2013

Perkembangan PlayStation 1 Hingga PlayStation 4


PlayStation 1
Gambar 1. PS 1
Sony telah memproduksi konsol yang lebih baru dan telah di rancang ulang, bernama PSOne, dengan bentuk yang lebih kecil dan dinamis. PlayStation asal lebih sering disingkat dengan "PSX", kode nama dari sistem yang tidak dikembangkan.

PlayStation 2



Gambar 2. PS 2 
 konsol video game kedua yang dikeluarkan oleh Sony setelah PlayStation. Pengembangannya pertama kali diumumkan pada bulan April 1999 dan dilempar ke pasar pertama kali pada tanggal 4 Maret 2000 di Jepang. Adapun di Amerika Serikat, konsol ini dipasarkan pertama kali pada tanggal 26 Oktober 2000. Pada tahun pertama peredaran PlayStation 2, konsol ini mengalami penjualan yang tidak mengejutkan dibanding konsol PlayStation, tetapi lama kelamaan konsol ini berhasil merajai pasar dengan catatan penjualan sebanyak 90 juta unit.


Playstation Portable

 

Gambar 3. PSP
PlayStation Portable (secara resmi disingkat PSP), adalah sebuah konsol permainan genggam-tangan (handheld) yang dibuat oleh Sony Computer Entertainment. Pembuatan konsol ini pertama kali diumumkan dalam acara E3 2003, dan diluncurkan pada tanggal 11 Mei 2003 dalam sebuah konferensi pers Sony sebelum E3 2004 dimulai. Peluncuran resmi PSP di Jepang dilakukan pada 12 Desember 2004, di Amerika Utara pada 24 Maret 2005, di daerah Asia pada Mei 2005 dan di Eropa pada akhir 2005.
PSP merupakan semacam platform hiburan dan diposisikan untuk memainkan permainan video, film dan musik, serta menampilkan foto digital. PSP merupakan konsol permainan pertama yang menggunalan Universal Media Disc (UMD) sebagai media penyimpanannya melainkan menggunakan cartridge ROM solid yang konvensional. UMD memiliki ukuran fisik yang lebih kecil daripada CD biasa namun berkapasitas lebih besar hingga 1,8 GB. Selain itu, PSP juga mempunyai dukungan Memory Stick Sony (PRO Duo), fitur dukungan jaringan nirkabel Wi-Fi, batere yang dapat diisi ulang serta dilepas, layar LCD lebar, dan stik analog panel datar yang dapat disorong keluar. Fitur jaringan PSP mendukung konektivitas konsol ini dengan PlayStation 3, PSP lainnya, dan internet.
Saat peluncurannya, PSP dianggap sebagai konsol permainan genggam-tangan dengan fitur dan kemampuan multimedia yang superior. Namun, penjualan konsol ini ternyata terkalahkan oleh pesaing utamanya, Nintendo DS yang diluncurkan oleh Nintendo, pada masa-masa awal peluncuran kedua konsol genggam-tangan ini. Fakta ini mendorong Sony untuk mendesain dan memproduksi ulang PSP dengan model yang lebih ergonomis dan ringan, secara resmi disebut PSP Slim and Lite, pada awal September 2007.
PlayStation 3

 
Gambar 4. PS 3
PlayStation 3 adalah konsol Sony generasi ketiga. PlayStation 3 merupakan penerus dari PlayStation dan PlayStation 2 dan akan bersaing dengan Xbox 360 dari Microsoft dan Wii dari Nintendo. PlayStation 3 dirilis di Jepang pada tanggal 11 November 2006 tepat pukul tujuh, dan akan dirilis pada tanggal 17 November 2006 di Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada), Hong Kong dan Taiwan, dan 1 atau 7 Maret 2007 di Eropa dan Australasia, dan wilayah PAL lainnya. PlayStation 3 akan dirilis dengan 2 tipe, Basix dan Premium/Platinum. PlayStation 3 secara resmi diperkenalkan kepada dunia pada tanggal 16 Mei 2005 di E3. Konfigurasi final pertama dipertunjukkan di TGS (Tokyo Game Show) 2006.

Teknologi terbaru yang digunakan adalah cell processornya, tipe prosesor yang benar-benar dioptimalkan untuk melakukan operasi floating point. Berbeda dengan prosesor desktop pada umumnya, kemampuan cell processor PS3 untuk melakukan operasi floating point sangat baik. Kemampuan cell processor untuk melakukan operasi floating point sangat baik karena cell processor merupakan arsitektur vektor processor. Bahkan prosesor yang digunakan pada PS3 ini merupakan prosesor yang tercanggih saat ini. Selain itu GPU dibuat sendiri bekerjasama dengan NVidia. 

PlayStation 4



Gambar 5. PS 4
Sebelum produsen konsol game Sony menggelar konferensi pers di New York City pada 20 Februari 2013, terdengar rumor yang menyebutkan PlayStation 4 (PS4) akan rilis pada November 2013. Rumor juga mengungkap banderol harga konsol game terbaru tersebut USD 429 atau sekira Rp 4,1 jutaan. Dari design gambar yang diberikan oleh sang designer, terlihat PS4 lebih menekankan teknologi Touchscreen, Control Stick-nya pun memiliki beberapa tombol touchscreen. PS4 juga memiliki body transparan dan OLED screen, yang membuat console PS4 terlihat lebih cool dan tentunya sangat berbeda dari konsep playstation sebelumnya.

Playstation 4 ini dilengkapi dengan Bluetooth integration, plastic/glass backs and middles, Layar LCD pada kedua kontroler dan pada sistem itu sendiri. Prosesor dengan yang bernama IBM CPU POWER7 akan digunakan dalam generasi konsol mendatang milik Sony, Playstation 4. GPU PS4 (Graphical Processing Unit) NVIDIA PS4 adalah "tertutup" sistem dan bahwa sel dapat melakukan beberapa pengolahan grafis bahwa GPU yang relatif moderat dapat digunakan dalam PS4. PS4 RAM sistem. Sebagai perbandingan PS3 memiliki RAM 256Mb XDR clock pada 3.2GHz mengagumkan. Langkah yang jelas berikutnya akan mencakup 1Gb Namun XDR XDR2 telah dirilis sejak saat itu dengan banyak perbaikan seperti meningkatkan bandwidth dan latency berkurang. PS4 memiliki setidaknya drive 8x yang berbunyi di 36MB per sekon, sehingga permainan harus memuat lebih cepat.


Sumber:



1 komentar: