Jumat, 21 Maret 2014

Komputasi Modern Pada Website Google Drive

Sejarah dan Pengertian Komputasi Modern

John Von Neumann (1903-1957) adalah salah satu ahli matematika terbesar abad ini, yang merupakan salah satu tokoh yang paling berpengaruh terhadap perkembangan komputasi modern. John menggagas sebuah konsep yang menjadi dasar dari arsitektur komputer yaitu dimana sebuah sistem yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori. Perkembangan komputasi modern sangatlah panjang, dari ilmu komputasi yang dikembangkan menjadi komputasi modern dengan menggunakan komputer.
                                   
Komputasi dapat diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data yang diinput menggunakan suatu algoritma. Pada jaman dulu, perhitungan komputasi umumnya masih konvensional, masih menggunakan peralatan tulis biasa seperti pena dan kertas, kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental dan terkadang dengan bantuan suatu tabel. Seiring dengan berkembangnya jaman, sekarang komputasi dilakukan dengan komputer. Hal inilah yang menyebabkan berkembangnya komputasi menjadi komputasi modern. Komputer yang digunakan sebagai media utama dalam sebuah komputasi modern sudah semakin meluas dan berkembang pesat, perhitungan dan pemecahan masalah dengan algoritma menjadi semakin mudah karena dilakukan pada sebuah komputer. Contoh komputasi modern yaitu akurasi (bit, floating point), kecepatan (dalam satuan Hz), problem volume besar (paralel). Penerapan komputasi modern saat ini hanya terbatas pada pemecahan masalah algoritma seperti bagaimana mencari sebuah kompleksitas, membandingkan kompleksitas untuk beberapa bahasa pemrograman.


Jenis-jenis Komputasi Modern

Komputasi modern dibagi menjadi tiga macam yaitu mobile computinggrid computing dan cloud computing.

1. Mobile Computing
Sebuah komputasi menggunakan teknologi yang tidak terhubung secara fisik, atau dalam jarak jauh atau lingkungan mobile (non statik). Alat – alat yang bisa dikatakan sebagai mobile computing cenderung portable dan mudah untuk dibawa kemana saja. Contoh : laptop, tablet PC, handphone, dan lain-lain.

2. Grid Computing
Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar.

3. Cloud Computing
Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

Google Drive

Google Drive adalah layanan berbasis komputasi awan itu dapat digunakan untuk membuat, membagi, mengolaborasikan dan menyimpan data hingga 1 terabite (TB). Menurut perwakilan Google, Sundar Pichai, Drive memungkinkan pengguna mengunggah dan Google Drive merupakan perubahan dari Google Docs, jika sobat membuka google docs maka akan diredirect ke google drive.mengakses berbagai file seperti video, foto, Google Docs dan PDF.

Langkah-langkah menyimpan dokumen dengan menggunakan Google Drive

Pada tampilan awal kita dapat langsung memilih menu Buat untuk dapat menyimpan dokumen baru. terdapat pilihan Folder, Dokumen, Presentasi, Spreadsheet, Formulir dan Gambar.



Pilih menu Folder dan ubah nama Folder dengan nama Softskill. 




Kemudian isi Folder Softskill dengan sebuah dokumen dengan format word dengan cara pilih menu Unduh lalu pilih File.


Kemudian pilih File mana yang akan di unduh atau di simpan dalam Google Drive.



Jika telah selasai maka File yang telah dipilih akan tersimpan di dalam Folder Softskill.




Sumber :
1. http://girinemo.wordpress.com/2012/04/06/komputasi-modern/
2. http://dhinierahmy.blogspot.com/2012/12/google-drive-pengertian-dan-fungsinya.html
3. https://drive.google.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar