Rabu, 21 Mei 2014

Parallel Processing

Pengertian Komputasi



Komputasi sebetulnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Hal ini ialah apa yang disebut dengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan penadan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.
Secara umum iIlmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunanmodel matematika dan teknik penyelesaian numerik serta melakukan kegiatan penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains).
Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.

Pengertian Komputasi Paralel




Komputasi Paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer secara bersamaan. Biasanya diperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak. Untuk melakukan aneka jenis komputasi paralel ini diperlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer yang dihubungkandengan jaringan dan mampu bekerja secara paralel untuk menyelesaikan satu masalah.
Komputasi adalah proses atau pekerjaan komputasi di komputer dengan memakai suatu bahasa pemrograman yang dijalankan secara paralel pada saat bersamaan. Secaraumum komputasi paralel diperlukan untuk meningkatkan kecepatan komputasi bila dibandingkan dengan pemakaian komputasi pada komputer tunggal.

Ada 4 model dalam komputasi modern menurut M.J. Flynn adalah sebagai berikut :



1. SISD (Single Instruction Single Data)


Merupakan model komputasi tunggal yang hanya memiliki 1 unit control, 1 unit prosesor dan 1 unit memori.



2. SIMD (Single Instruction Multiple Data)


Merupakan model komputasi paralel yang hanya memiliki 1 unit control, namun memiliki beberapa prosesor sehingga data yang diproses juga berbeda-beda pada setiap prosesor dan berasal dari beberapa unit memori.



3. MISD (Multiple Instruction Single Data)


Merupakan model komputasi paralel yang hanya memiliki 1 unit memori, namun memiliki beberapa prosesor sehingga instruction yang diproses juga berbeda-beda pada setiap prosesor dan berasal dari beberapa control.



4. MIMD (Multiple Instruction Multiple Data)


Merupakan model komputasi modern yang terdiri beberapa unit memori, beberapa unit prosesor dan beberapa unit memori. Hal ini menyebabkan model komputasi ini dapat mengerjakan beberapa data dan instruction dalam waktu yang bersamaan.



Paralel Processing



Pemrosesan Paralel atau paralel processing adalah penggunakan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan. Idealnya, parallel processing membuat program berjalan lebih cepat karena semakin banyak CPU yang digunakan. Tetapi dalam praktek, seringkali sulit membagi program sehingga dapat dieksekusi oleh CPU yang berbeda-beda tanpa berkaitan di antaranya.

Manfaat Paralel Processing
Penerapan paralel processing dan paralel komputing memiliki banyak manfaat dalam berbagai kegiatan yang dilakukan menggunakan komputer. Berikut ini merupakan manfaat yang dimiliki oleh paralel processing dan paralel komputing:
1.      Melakukan beberapa proses komputasi secara bersamaan.
2.      Mempercepat kinerja komputer.
3.      Menghemat waktu.
4.      Kinerja komputer menjadi  tidak berat.

Hubungan Antara Komputasi Modern Dengan Paralel Processing



Hubungan antara komputasi modern dengan paralel processing adalah perkembangan komputasi modern yang sangat pesat saat ini memerlukan suatu teknik komputasi dan pemrosesan yang sangat cepat.  Hal ini dapat terwujud dengan menggunakan teknik paralel processing. Karena prinsip kerja paralel processing sangat mendukung kinerja komputer secara bersamaan. Beberapa komputer dapat secara bersamaan melakukan suatu perintah sehingga waktu pemrosesan suatu perintah menjadi lebih cepat. Selain proses yang jauh lebih cepat, hal ini juga dapat menekan biaya.


Sumber :


1 komentar: