Senin, 31 Desember 2012

Blender dan Objek Blender



Software yang digunakan       : Blender 2.64
Tema                                   : Perkotaan dan Sarana Rekreasi

1. BLENDER

Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, yaitu:
·         Microsoft Windows
·         Mac OS X
·         Linux
·         IRIX
·        Solaris
·         NetBSD
·         FreeBSD
·         OpenBSD

Blender dalam dunia Grafis Blender merupakan salah satu nama aplikasi untuk membuat grafik 3 Dimensi. Blender merupakan OSS (Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat di gunakan di berbagai macam OS (Operating System).
Software ini dapat diperoleh di situs resminya yaitu blender.org. Software ini termasuk software dengan ukuran kecil dan dapat digunakan di berbagai macam OS. Diantaranya Windows, Linux, Ubuntu dan lain lain. Untuk spekifikasi yang dibutuhkan untuk penginstallan software ini sangatlah sederhana, yaitu:
·         Intel pentium III atau lebih/ AMD dsbg
·         Ram 64Mb
·         VGA 4Mb
·         Disk Space 35Mb
·         Windows 2000 dan  Linux
  
Tools Pada Blender
  1. Modeling : Adalah untuk pembuatan model pada awal 3D
  2. UV Mapping : Adalah untuk memindahkan objek berdasarkan vertexnya
  3. Texturing : Adalah pembuatan textur pada objek bisa dengan meload gambar dari kita  sendiri, ataupun dari bawaan blender.
  4. Rigging : Adalah untuk pembuatan tulang/ bones pada objek
  5. Skinning : Adalah pemberian skin pada objek/ model
  6. Animasi : Adalah pembuatan animasi/ gerakan pada objek dengan mengunakan timeline.
  7. Particle : Adalah untuk pembuatan particle pada objek / model.Dan untuk simulasi tedapat:
    1. Scripting
    2. Rendering
    3. Compositing
    4. Post production
    5. Game creation.
Keunggulan Blender 3D

1.      Interface yang user friendly dan tertata rapi.
2.      Tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping, texturing, rigging, skinning, animasi, particle, scripting, rendering, compositing, post production dan game creation.
3.      Cross Platform dengan uniform GUI dan mendukung semua platform Blender 3D
bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
4.      Kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.
5.      Dukungan yang aktif melalui forum dan komunitas.
6.      File Berukuran kecil.
7.      Free (gratis).

Kelemahan Blender 3D
1.       Kesuliatan dalam mengatur view.
2.       Proses render yang lebih lama.


2. Objek Blender
 
Objek yang saya buat untuk memenuhi Tugas Pemodelan Grafis adalah sebuah kota yang terdapat sarana rekreasi. Di dalam kota tersebut terdapat beberapa gedung pencakar langit yang digunakan sebagai kawasan perkantoran. Ada sebuah rumah yang digunakan sebagai tempat tinggal dan yang pasti ada kawasan rekreasi. Ada jalan raya juga dan dilengkapi dengan sebuah lampu merah. Dalam kawasan rekreasi ini terdapat sebuah kolom air yang besar dan disekitar kolam tersebut terdapat 2 buah bangku taman dan 2 buah gazebo.

Kota ini juga menawarkan udara yang segar karena kota ini dikelilingi oleh pohon. Kota ini menggambarkan kota yang sibuk dengan aktivitas perkantoran yang cukup ramai namun juga menawarkan ruang terbuka hijau yang dapat menyegarkan pikiran dari sibuknya aktifitas kota. Jadi jika kita ditinggal kota seperti ini diharapkan pikiran kita seimbang.

Animasi yang digambarkan dari objek diatas adalah menggambarkan dan juga memamerkan sarana dari kota yang ideal. Dari kota yang menawarkan keseimbangan suasana bagi penghuninya. Penonton animasi ini diajak untuk melihat dan mengelilingi seisi kota ideal ini. Mulai dari melihat gedung pencakar langit, rumah hingga taman yang sangat nyaman.

Cara untuk membuat kota tersebut adalah pertama-tama kita buat jalan. Untuk membuat jalan kita pilih object Mesh lalu kita pilih object Cube. Kita bentuk Cube tersebut hingga berbentuk dan kita warnai hingga seperti jalan. Lalu kita bentuk gedung pencakar langit dengan cara menambahkan object Mesh lalu kita pilih object Cube. Cube tersebut kita ubah ukuranya lalu kita susun hingga menjadi gedung pencakar langit.

Lalu untuk membuat pohon, kita pilih Object Mesh kembali lalu kita pilih Object Cone dan Object Cyllinder. Pertama kita ubag bentuk Cylinder menjadi seperti bentuk batang pohon. Lalu kita susun Cone hingga menyerupai bentuk pohon cemara. Kemudian kita bentuk kolam. Kolam dapat kita bentuk dengan memilih Object Circle untuk membentuk air dan untuk membentuk tepian kolam kita pilih Torus. Lalu yang terkhir untuk membentuk bangku taman dan gazebo, kita gunakan Object Cube kembali.


Daftar Pustaka:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar