Kamis, 26 April 2012

Cara Membuat Web dan Syarat Web yang Baik

1. CARA MEMBUAT WEB

Pada jaman sekarang, setiap orang pasti sudah sangat akrab dengan dunia internet. Dan dunia internet juga pati tidak dapat dilepaskan dari peranan web. web atau website mwrupakan suatu halaman yang berisikan inforamsi tentang apa saja dan dapat berupa tulisan, gambar, lagu, video, dll. Pada kesemapatan kali ini saya akan memberi informasi bagai mana cara untuk membuat web dengan cara yang sangat muda dan cepat.

Cara pembuatan web ini melibatkan akun blog. Jadi kita harus memiliki akun blog terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah langkah untuk membuat web dengan akun blog:
  • Langkah 1 
Pertama tama kita harus membuka website https://www.co.cc. Di website ini kita  dapat membuat web secara gratis alis Rp.0. Lalu kita ketikkan alamat domain yang kita inginkan.
 
Kemudian kita klik "Check Availability". Lalu jika doamin kita tersedia maka akan keluar seperti ini.



Jika domain kita telah tersedia, kita tinggal klik Lanjutkan ke pendaftaran 

  • Langkah 2
Lalu akan keluar page yang berisikan CC.co Account. pada page ini kita klik pilih yang terdapt dibawah, yaitu "buat akun baru sekarang".












Kemudian kita isi kolom kolom yang ada dengan data yang ingin kita masukkan. Setelah itu kita beri tanda cek list, kemudian klik "Continue".











  • Langkah 3
Pada langkah selanjutnya ini kita disuruh untuk mengulang sandi kita. kita ketikkan sandi kita pada kotak yang telah tersedia. Dan ketikkan juga verikasi kata. kemudia klik "Continue".






 
  • Langkah 4
Lalu kita disuruh untuk Sign In secara otomatis. dengan cara memasukkan nama pengguna atau e-mail kita dan password akun kita. lalu klik "Sign In".










Setelah Sign In, akan meuncul pemberitahuan seperti ini:

Ini artinya domain kita telah berhasil terdaftar.

  • Langkah 5
Pada langkah ini kita disuruh untuk set ulang doamian kita. langkah awalnya adalah dengan mengklik "Setup" atau "Please domain setup now". Lalu akan keluar halaman seperti disamping. Kita klik pilihan yang ketiga.




  • Langkah 6
Kemudian kita harus mengisikan kolom  Page Title (judul halaman web), Frame (pilih URL Hiding), Description (deskripsi halaman web), Keywords (jika tidak diisi, tidak apa apa). Kita tidak perlu memberikan tanda cek list. Setelah terisi semua, kita klik "Setup". 




Lalu akan muncul halaman yang berisikan keterangan "Your change has been submitted". Ini artinya setup domain kita telah berhasil.

  • Langkah 7
Kemudian akan keluar keterangan sebagai berikut:
 
Ini artinya kita telah berhasih membuat web dengan akun blog.

  • Langkah 8
Untuk membuktikan apakah web kita telah benar benar terdaftar apa tidak, kita dapat langsung mencari halaman web kita dengan cara mengetikkan alamat domain kita. Saya ketik halaman web saya, yaitu: http://syalalabombom.co.cc. dan akan muncul halaman web saya.

Ini adalah alamat web saya, silakan mampir :)
http://syalalabombom.co.cc

2. SYARAT WEB YANG BAIK
 
Setalah kita selesai membahas tentang cara membuat web, sekarang saya akan memberi tahu syarat apa saja yang harus dimiliki oleh web yang ideal. 

1. Memiliki tampilan yang menarik
Dengan tampilan yang menarik orang akan senang mengunjungi web kita. Mulai dari warna, huruf, struktur, dll jangan sampai membuat orang lain tidak ingin melihat web kita karena web kita tidak enak untuk dilihat.

2. Isi web yang mudah diapahami
Isi web kita harus dengan gaya bahasa yang tidak ribet, mudah untuk dipahami dan dapat dimengarti dengan mudah.

3. Halaman web jangan terlalu panjang
Karena jika halaman web terlalu panjang, maka orang lain akan malas membacanya dan beralih untuk membuaka web yang lain.

4.Isi web adalah sesuatu yang bermanfaat
tujuan web adalah memberi informasi dan informasi yang disampaikan juga harus bermanfaat untuk masyarakat luas.

5.  Tidak mengandung SARA
Ini jelas jelas tidak diperbolekan. Dalam UU pun sudah diatur mengenai larangan tentang adanya unsur SARA









1 komentar: